let`s share knowledge, science, fun things, and everything here….


Apakah design yang bagus itu penting ? Menurut saya tentu saja ya. Namun artian bagus disini bisa saja ambigu. Bagus menurut sy adalah dari segi usability, tidak terlalu membebankan pengguna untuk mengingat, dan efektif.

Contoh suatu web site dengan design yang bagus menurut sy adalah situs e-commerce ebay.com. Situs ini tentu sudah terkenal luas di dunia internet.

Screen capture di atas, merupakan halaman utama situs ebay.com. Di halaman utama, ebay.com sudah jelas memberikan kesan e-commerce pada pengguna, dengan fasilitas search berdasarkan banyak kategori, product yang sedang populer, menu tersendiri yang mewakili setiap kategori, dan yang tak kalah penting yaitu panduan bagi pengguna yang pertama kali mengunjungi ebay.com.

Read the rest of this entry »

Melepas Rindu


Waahh sudah lama sekali ya, sy tidak mampir2 lagi ke blog sy tercintah ini hahaaa….

Post terakhir sy tuh tentang wisuda sy, lebih dari 1 tahun yang lalu. Bukannya sy sudah melupakan blog sy ini, tapi ada daya waktu dan mood rasanya tidak ada apalagi waktu sy mulai masuk dunia kerja hahaaa…

Btw kabar terbaru sy, saat ini sy sedang melanjutkan kuliah menuju sarjana. Asalnya sy ingin melanjutkan ke Teknik Elektro UI, yah karena memang minat sy kan di Teknik Elektro, namun sepertinya kodrat sy memang harus ke Ilmu Komputer IPB, jadinya disanalah sy sekarang menuntut ilmu.

Seneng plus terharu, sy lihat blog sy ini, soalnya hits nya naik terus, pasti ada ajaaa yang mampir ke blog ga keurus sy ini. Sy ucapkan terima kasih ke pembaca-pembaca setia  blog sy. Insya Allah mulai hari ini, sy akan lebih rajin update blog ini, karena rasanya mood sy sudah kembali dan banyaaakk ilmu yang ingin sy bagi disini🙂

Wisuda


Wisuda menurut sy pribadi berarti pelepasan sekaligus penghargaan atas usaha untuk mencari ilmu…..

tanggal 20 oktober 2010, sy dan rekan-rekan Teknik Komputer Diploma IPB menjalankan ritual wisuda di gedung Graha Widya Wisuda IPB (GWW).

tak terasa 3 tahun menuntut ilmu rampung sudah tapi bukan berarti proses menuntut ilmu selesai, masih berlanjuutt  …. ada rasa terharu saat nama dipanggil menuju rektor, direktur diploma IPB, dan KPK.

Alhamdulillah predikat “cum laude” berhasil sy gondol , masih inget aja gimana pas sy dipanggil “syeiva nurul desylvia, cum laude” wiiihhh berasa merinding gimanaaa gituuu…he he lebay y sy….yang jelas inilah hasil usaha dan belajar keras sy selama 3 tahun, semoga ilmu yg sy dapatkan bisa bermanfaat untuk masyarakat dan sy pribadi…amiiinnn…


setelah menulis tentang artikel CSS kali ini sy ingin menulis artikel mengenai PHP (hypertext preprocessor)….

cek-it-out ….

PHP adalah:

  • PHP singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor
  • PHP bertipe server-side scripting language, seperti ASP
  • script PHP dieksekusi di server
  • PHP mendukung banyak database (MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, Generic ODBC, etc.)
  • PHP bersifat open source software
  • PHP gratis di-download dan digunakan (http://www.php.net/downloads.php)
  • PHP termasuk bahasa pemrograman (karena memiliki algoritma dan struktur seperti bahas pemrograman lain, misal: bahasa C)

sebelum menggunakan PHP dibutuhkan server lokal untuk mengeksekusi file PHP (menguraikan bahasa PHP ke dalam halaman web), sy sarankan untuk menginstall XAMPP (atau software lain yang sejenis) sebagai server lokal karena sudah dilengkapi dengan data base (MySQL) dan file PHP yang dibutuhkan.

kalu sudah di-install lanjuuut ke tutorial PHP

1. syntax PHP dasar

script PHP harus diwalai oleh tanda <?php atau <? dan ditutup oleh tanda ?> (namun w3c school merekomendasikan menggunakan awalan <?php)

<?php

……..

…….

?>

Read the rest of this entry »


sebelumnya sy sebetulnya bingung, artikel ini masuk kategori apa y…??? di blog sy masukkan hardware saja

okeee langsung saja ke intinya.

bilangan adalah lawan dari alphabet atau karakter spesial, bilangan dapat diberikan operasi aritmatika seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan juga konversi ke jenis bilangan lainnya.

dalam dunia komputer dan digital bilangan dapat dibagi menjadi empat, yaitu:

  1. bilangan desimal
  2. bilangan biner
  3. bilangan hexa
  4. bilangan octal

Read the rest of this entry »


Bahasa C adalah bahasa yang umum digunakan,dalam bahasa C terdapat beberapa tipe data beserta aturan penulisannya dalam variabel, akan sy jelaskan tipe-tipe data dalam bahasa C (setau sy pastinya CMIIW )

okeee langsung ajaaaa….

1. Basic Types

ada beberapa tipe data dalam bahasa C, berikut penjelasannya:

Nama Deskripsi Ukuran Range
char karakter atau integer kecil 1byte signed: -128 to 127 unsigned: 0 to 255
short int(short) Short Integer. 2bytes signed: -32768 to 32767 unsigned: 0 to 65535
int Integer. 4bytes signed: -2147483648 to 2147483647 unsigned: 0 to 4294967295
long int(long) Long integer. 4bytes signed: -2147483648 to 2147483647unsigned: 0 to 4294967295
bool nilai Boolean. hanya bisa diisi satu nilai: true atau false 1byte true atau false
float Floating point number (32 bit). 4bytes +/- 3.4e +/- 38 (~7 digits)
double Double precision (64 bit) floating point number. 8bytes +/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
long double Long double precision floating point number. 8bytes +/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
wchar_t Wide character. 2 atau 4 bytes 1 wide character

Read the rest of this entry »

seusai mudik, ayam hilang :(


sy ingin curhat sedikit….waktu hari H lebaran (hari jumat) sy sekeluarga mudik ke sumedang dan cirebon, jalan-jalan silaturahmi kemudian hari ini (hari senin) 3 hari kemudian sy pulang lagi ke rumah…..

sy merasa senang pastinya tapi sy juga dapat musibah…ayam sy 3 ekor hilaaannnggg

sebetulnya rumah sudah dititipkan ke ibu yg suka bantu-bantu membersihkan rumah + kerjaan nyuci dan nyetrika tiap seminggu 2 kali tapi g tau kenapa ayam sy bisa hilang, 3 ekor pula

bapak sy marah gara-garanya ayam hilang tapi ibu yg jaganya g bilang apa-apa padahal sudah diberi tau….yah mungkin memang bukan rezeki keluarga sy

ayam-ayam ku dimanapun kau berada aku berdoa agar kau kembali pulang ke halaman belakangku